CARA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR

Sering aku berpikir, mengapa sebagian orang dapat belajar dan mengerti akan suatu hal dengan cepat. Namun sebagian lainnya begitu sulit untuk memahami hal yang sama. Ini bisa jadi disebabkan oleh latar belakang atau tingkat pendidikan yang berbeda, namun menurutku itu bukanlah hal yang mutlak. Sebagian orang memang terlahir dengan IQ yang tinggi, namun tidak semua.

Apakah faktor IQ yang menentukan cepat atau lambatnya seseorang untuk menerima dan mengerti akan suatu hal ? bisa jadi. Lalu adakah cara yang bisa dilakukan oleh orang yang terlahir dengan IQ yang pas-pasan, untuk bisa belajar dan memahami sesuatu dengan cepat ? Adakah teknik-teknik yang perlu diketahui untuk meningkatkan kemampuan otak dalam mengolah dan menerima informasi dengan cepat ? ternyata ada.
 
Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan kemampuan otak kita dalam mengolah dan menerima informasi, berikut ini beberapa teknik yang mungkin bisa bermanfaat bagi peningkatan kemampuan otak kita, jika kita sering melakukannya
 
Ajarkan - jika kita ingin lebih mengerti dan menguasai akan suatu hal, cobalah untuk mengajarkannya juga pada orang lain. Jika kita belajar untuk diri sendiri ini hanya akan membantu kita untuk mengingat apa yang kita pelajari. Namun jika kita belajar bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga karena ingin mengajarkannya pada orang lain, akan memaksa kita untuk benar-benar mengerti dan menguasai pelajaran tersebut. Ini untuk mengantisipasi pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh orang yang kita ajari.
 
Tuliskan - lebih mudah rasanya jika belajar dengan cara membaca, namun akan sangat berbeda jika belajar menuliskannya. Cobalah baca dibuku mengenai suatu topik, dengan mudah kita akan menyelesaikannya. 

Namun coba tuliskan lagi topik tersebut dengan gaya sendiri, gimana rasanya ? Jika kita ingin lebih menguasai akan suatu topik, kita harus banyak belajar dengan cara menulis mengenai topik tersebut.
 
Ini akan memaksa kita untuk lebih memahami dan mengeksplorasi mengenai topik tersebut, tentu saja itu jika kita tidak ingin tulisan yang kita buat dianggap tulisan yang asal-asalan. Dengan menuliskan apa yang telah kita ketahui, cepat atau lambat kita akan tahu bagaimana cara menghubungkan ide-ide baru dengan semua hal yang telah kita ketahui.
 
Buat Blog - isi dengan topik dan hal-hal yang berkaitan dengan topik tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan. Ini aku alami sendiri, membuat blog adalah pelajaran terbaik yang pernah aku pelajari. Membuat blog akan memaksa kita untuk belajar memahami informasi, dan belajar membagikannya kepada orang lain dengan cara menuliskannya. Jika kamu ingin meningkatkan kemampuan berpikir, membuat blog adalah hal yang pertama aku sarankan.
 
Sehat - kesehatan adalah harta yang tak ternilai, semua orang juga sudah tahu akan hal ini. Otak adalah bagian dari tubuh, dan setiap bagian tubuh mempunyai kebutuhan yang harus kita penuhi agar bisa berfungsi secara maksimal. Agar kita bisa belajar dengan lebih maksimal, kita juga perlu belajar memperhatikan dan memenuhi kebutuhan tubuh kita.
 
Kita harus memberi perhatian yang cukup untuk tubuh kita, agar tubuh bisa melakukan fungsinya sebagaimana yang kita inginkan. Ada cerita menarik mengenai ini, alkisah ada seorang petani yang miskin dan tidak mempunyai apa-apa Petani ini ingin sekali menjadi seorang yang kaya dan berkecupan, namun dia tidak mempunyai modal untuk berdagang, atau keahlian untuk bekerja.
 
Namun petani ini mempunyai seekor angsa, angsa ini yang menjadi andalannya untuk mencari nafkah dengan cara menjual telurnya. Hingga pada suatu pagi petani tersebut menemukan sebutir telur emas diantara telur-telur lainnya. Dengan rasa tak percaya diambilnya telur tersebut, diperiksa dan diteliti ternyata memang emas. Keesokan paginya petani tersebut mengalami hal yang serupa, sebutir telur emas ditemukannya lagi. 

Akhirnya dia tahu bahwa angsa itulah yang memberikan telur emas tersebut.
 
Dan selanjutnya setiap pagi petani itu mendapatkan satu telur emas, semakin lama semakin banyaklah telur yang dikumpulkan. Namun keserakahan menguasainya, setiap malam dia tidak bisa tidur karena tidak sabar untuk segera pagi, agar dia bisa mengambil telur emas lagi. Hingga suatu malam kesabarannya habis, dia tidak bisa menunggu pagi lagi. Dia berpikir, daripada aku menunggu pagi lebih baik aku ambil saja sekarang semuanya. Hingga aku tidak perlu bergadang setiap malam karena tidak sabar menanti pagi, untuk bisa mengambil telur emas
 
Diambilnya sebilah pisau dan dibelahnya perut angsa tersebut, namun apa yang yang dijumpainya. Ternyata kosong, tidak ada telur emas. Dan akhirnya petani tersebut tidak bisa mendapatkan telur emasnya lagi, karena angsanya sudah mati. Pelajaran apa yang bisa kita ambil dari kisah ini, petani tersebut adalah kita dan angsa tersebut adalah tubuh kita.
 
Panca Indera - kita belajar semua hal dengan cara yang berbeda, namun semua belajar dari satu hal yaitu panca indera. Setiap orang mempunyai gaya dan kesenangannya sendiri dalam belajar. Ada yang lebih cepat mengerti jika melihat atau melalui membaca, sementara yang lainnya lebih cepat jika belajar dengan cara mendengarkan.
 
Namun mengapa kita harus memilih, mengapa tidak menggunakan semuanya. Dengan menggunakan semua indera yang kita miliki, tentu hasilnya akan lebih maksimal. Misalnya gunakan gambar atau image untuk merangsang otak kita memahami sesuatu, gunakan telinga untuk membantu otak mempelajari sesuatu, gunakan hidung, kulit dan mulut.
 
Motivasi - merupakan faktor utama mengapa kita senang atau ingin melakukan sesuatu. Demikian juga halnya dengan belajar, jika kita ingin meningkatkan daya pikir dan kemampuan otak dalam mempelajari sesuatu, kita perlu meningkatkan motivasi. 

Beberapa cara ini bisa kita gunakan untuk meningkatkan kemampuan kita dalam hal mengingat dan memahami suatu hal, adakah cara lainnya ? pasti ada. Kita hanya perlu mencari dan menemukannya.

Download serta lihat artikel lainya di sini dan salam sukses semoga bermanfaat
MY LIST BLOG